SOSIALISASI PENEGAKAN DAN NETRALITASI ASN DALAM MENJELANG PEMILUKADA SERENTAK TAHUN 2024

Dalam rangka menyambut tahapan pemilu serentak 2024, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Ngawi menggelar Sosialisasi Netralitas dan Penegakan Disiplin Pegawai ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Ngawi. Kegiatan yang diselenggarakan di kurnia Convention Hall Jln Sukarno Ngawi pada Rabu (18/10/2024) ini menghadirkan narasumber Eko Junaidi, selaku Auditor Kepegawaian Muda Kanreg II BKN Jawa Timur, serta Idham Karima, SH,M.Si Kepala BKPSDM Kabupaten Ngawi yang bertindak selaku moderator. dan juga di hadiri Kepaka Sub Bagian Umum seluruh OPD sekabupaten Ngawi

Tujuan diadakannya sosialisasi ini adalah untuk mewujudkan terjaminnya ketertiban dan kelancaran pelaksanaan tugas pokok dan fungsi pegawai ASN, mendorong perubahan sikap dan perilaku pegawai ASN, meningkatkan kedisiplinan pegawai ASN serta meningkatkan tanggung jawab pegawai ASN.

Idham Karima, SH,M.Si Kepala BKPSDM Kabupaten Ngawi yang berkesempatan membuka kegiatan menyampaikan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan motor penggerak birokrasi dan memiliki peran penting dalam kemajuan demokrasi. Selain itu, ASN juga menjadi subyek utama dalam reformasi birokrasi, sebab ASN menjalankan tugas tidak hanya berdasarkan perintah yang ditetapkan atasan, melainkan juga berorientasi pada pemenuhan kebutuhan masyarakat demokratis.

Netralitas pegawai ASN saat ini menjadi isu yang mendapat sorotan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pelanggaran pegawai ASN terhadap asas netralitas yang akhirnya berpengaruh terhadap integritas mereka sebagai pelayan masyarakat. Pelanggaran ini terjadi, terutama menjelang, pada saat, dan setelah pelaksanaan pemilu. Oleh sebab itu penegakan netralitas pegawai ASN menjadi begitu penting untuk dilaksanakan guna menjaga integritas pegawai agar senantiasa bersikap netral, obyektif, tidak bias, bebas pengaruh, bebas intervensi, bebas dari konflik kepentingan, dan tidak berpihak pada siapapun. “Jadi ASN harus loyal, siapapun pemimpin yang terpilih nanti” tegasnya .

Adapun PP dan Materi sosialisasi sebagai berikut: