DINAS KESEHATAN KABUPATEN NGAWI MELAKUKAN VERIFIKASI PENILAIAN LOMBA PENGUATAN PERAN DESA DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN BIDANG KESEHATAN DI DESA DAMPIT KECAMATAN BRINGIN

Bringin 03/06/2024 Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Kesehatan dan puskesmas Kecamatan Bringin menyelenggarakan Lomba Penguatan Peran Desa dalam Peningkatan Pembangunan Bidang Kesehatan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Dampit Kecamatan Bringin pada tanggal 3 Juni 2024.

 Kegiatan tersebut juga dihadiri seluruh Forum Pimpinan Kecamatan Se-kecaamatan Bringin, yang bertujuan agar masyarakat di seluruh wilayah desa bisa sehat, dan kegiatan preventif dan promotifnya bisa berjalan. Dinas kesehatan berharap desa betul betul bisa berperan di dalam bidang kesehatan agar semua masyarakat bisa sehat.” ujar dr YUDONO. M.Mkes Kepala Dinas Kesehatan Ngawi.

Ia juga menyampaikan bahwa beberapa desa yang telah melakukan verifikasi sangat luar biasa dari lintas sektor dan juga peran dari desa baik dari kepala desa, perangkat desa serta kader semua bahu membahu ingin memberikan contoh dan data selama ini. “Harapan Dinas Kesehatan tidak semata mata dari lombanya, tetapi hasilnya bisa dimanfaatkan oleh desa, sehingga masyarakat desa tetap sehat.” 

Peran pemerintah desa dalam melakukan tugas pokok dan fungsinya melalui
peningkatan kinerja pelayanan public merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan pembangunan Sumber Daya Manusia ( SDM ).  “ Pelayanan publik salah satunya adalah pelayanan kesehatan seperti kesehatan ibu hamil, kesehatan bayi, balita dan remaja di masyarakat. Hal ini didasari bahwa pelayanan kesehatan masyarakat dihadapkan sebagai salah satu indikator kualitas kesejahteraan di Puskesmas. Sebagaimana kita ketahui bahwa Pemerintah Pusat tengah berupaya memberdayakan masyarakat di desa terkait kualitas pelayanan kesehatan melalui undang-undang kesehatan masyarakat sebagai langkah awal membangun desa yang sinergi dengan porgram- program pemerintah untuk  mewujudkan masyarakat sejahtera, adil, dan makmur

Dalam hal ini Paryono selaku Kepala Desa Dampit mengajak seluruh jajaran untuk untuk monitoring ke Poskedes yang berada di Dusun Nambung dengan menaiki perahu yang kebetulan di daerahnya masuk wilayah waduk pondok yang dimana alat utama transportasinya menggunakan perahu.